SEKILAS INFO
  • 5 bulan yang lalu - Pembangunan dan Pengembangan Masjid Jami’atul Khairiyah Desa Sekuduk
  • 7 bulan yang lalu - Pendaftaran Penjaringan Perangkat Desa Sekuduk Lihat Pengumuman
WAKTU :
Diterbitkan :
Kategori : Berita
Komentar : 0 komentar

Selasa, 12 Oktober 2021 Pemerintah Desa Sekuduk melakukan sosialisasi sekaligus pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan leher Rahim dengan Metode IVA ( inspeksi visual dengan asam asetat) dengan menghadirkan narasumber dari Puskemas Sejangkung. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kader Posyandu serta perwakilan perempuan Desa Sekuduk

Tes IVA, Pemeriksaan untuk Mendeteksi Kanker Serviks

Kanker serviks adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Dengan melakukan deteksi sejak dini, peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat. Ada beberapa cara untuk mendeteksi kanker serviks, salah satunya adalah dengan melakukan IVA test alias pemeriksaan IVA. Simak penjelasan lengkap mengenai prosedur tes IVA untuk kanker serviks berikut ini.

Apa itu IVA test?

Terdapat berbagai macam jenis pemeriksaan untuk kanker serviks. Selain pap smear yang paling populer untuk kanker serviks, maka IVA test adalah salah satu cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks.

IVA test adalah metode inspeksi visual dengan asam asetat, atau dikenal juga dengan sebutan visual inspection with acetic acid. Seperti namanya, IVA test adalah suatu cara mendiagnosis dini kemungkinan adanya kanker serviks dengan menggunakan asam asetat.

Hasil pemeriksaan tes IVA yang muncul dapat melihat apakah terdapat pertumbuhan sel prakanker di dalam serviks alias leher rahim atau tidak.

Kapan tes IVA bisa dilakukan?

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, data Globocan 2018 menunjukkan bahwa jumlah kasus kanker baru di Indonesia, yakni sekitar 348.809.

Peringkat tertinggi dari jumlah kasus penyakit kanker tersebut diduduki oleh kanker payudara, dan diikuti oleh kanker serviks di urutan kedua.

Angka kasus kejadian kanker serviks diperkirakan sekitar 23 orang per 100.000 penduduk. Atas dasar inilah, para wanita disarankan untuk melakukan deteksi dini.

Tes IVA adalah salah satu pilihan untuk deteksi dini kanker serviks. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan IVA?

Salah satu kelebihan tes IVA ketimbang pemeriksaan lainnya adalah aman dilakukan kapan pun. Sebelum, saat, dan sesudah menstruasi tak jadi masalah.

Bolehkan dilakukan Tes IVA saat hamil?

Deteksi kanker serviks sebenarnya tidak diperlukan saat hamil. Hal ini disebabkan, hasil deteksi kanker serviks saat kehamilan menjadi lebih sulit ditentukan. Jika ingin melakukan hal tersebut, lakukanlah pada minggu ke-12 pascamelahirkan.

Meski demikian, jika sebelumnya Anda pernah mendapat hasil yang tidak baik pada deteksi dini kanker serviks, tes IVA saat hamil mungkin butuh dilakukan. Pada dasarnya, tes IVA ini tidak akan mempengaruhi kehamilan Anda.

Tujuan dari tes IVA adalah sebagai skrining awal untuk mendeteksi gejala-gejala kanker serviks serta mencegah terjadinya komplikasi.

Pemeriksaan IVA adalah tes yang umumnya tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Pemeriksaan yang cenderung singkat dan tanpa melalui pemeriksaan laboratorium yang kompleks membuat IVA test relatif terjangkau ketimbang metode deteksi dini kanker serviks lainnya, seperti pap smear.

Sekilas, proses pemeriksaan pap smear dan IVA tampak sama. Prosedur tes IVA yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Sebelum mulai IVA test, Anda akan diminta untuk berbaring dengan posisi kedua kaki terbuka lebar atau mengangkang.
  • Dokter atau bidan memasukkan alat berupa spekulum ke dalam vagina. Alat spekulum bertujuan untuk membuat vagina terbuka lebar, sehingga memudahkan untuk mengamati bagian serviks atau leher rahim.
  • Asam asetat atau asam cuka dengan kadar sekitar 3-5% diusapkan pada dinding serviks.

Tak seperti pap smear yang harus menunggu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya, pemeriksaan IVA adalah tes yang hasilnya bisa langsung terlihat beberapa saat setelah pemeriksaan berlangsung.

Biasanya, sel-sel dinding serviks yang normal tidak akan mengalami perubahan apa pun (warna) ketika dioleskan asam asetat.

Sebaliknya, apabila terdapat masalah pada sel-sel dinding serviks, misalnya merupakan sel prakanker atau sel kanker, otomatis warna serviks akan berubah menjadi putih.

Oleh karena itulah, tes IVA adalah salah satu pemeriksaan dini kanker serviks yang bisa diketahui hasilnya dengan cepat.

SebelumnyaMusyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Sekuduk Tahun 2022 SesudahnyaPelantikan Anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD) Desa Sekuduk Kec. Sejangkung Kab. Sambas Masa Bhakti 2021-2027
Pelantikan Anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD) Desa Sekuduk Kec. Sejangkung Kab. Sambas Masa Bhakti 2021-2027
Jum’at, 15 Oktober 2021 – Pemerintah Desa Sekuduk melaksanakan Acara Pelantikan Anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD) Desa Sekuduk Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas dengan Masa Bhakti 2021-2027. Acara ini dihadiri oleh...
PELATIHAN DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DAN LEHER RAHIM DENGAN METODE IVA
Selasa, 12 Oktober 2021 Pemerintah Desa Sekuduk melakukan sosialisasi sekaligus pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan leher Rahim dengan Metode IVA ( inspeksi visual dengan asam asetat) dengan menghadirkan narasumber...
Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Sekuduk Tahun 2022
Kamis, 30 September 2021 – Pemerintah Desa Sekuduk bersama BPD Desa Sekuduk melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan kecamatan, Babinkamtibmas, Pendamping Desa, Perwakilan...
Musyawarah Desa Usulan Pejabat Kepala Desa Sekuduk
Sabtu, 28 Agustus 2021, Pemerintah Desa Sekuduk bersama BPD Desa Sekuduk melaksanakan musyawarah desa terkait usulan Pejabat Kepala Desa Sekuduk. Adapun dalam kegiatan ini menentukan nama usulan yang akan menjadi...
Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) dan Review RPJMDesa Tahun 2022 Desa Sekuduk
Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) dan Review RPJMDesa Tahun 2022 Desa Sekuduk Kec. Sejangkung dihadiri oleh Perwakilan dari kecamatan, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Masyarakat. Musdes...
Musyawarah Desa Laporan Pertanggungjawaban Tahunan BUMDESA “Sejahtera Bersama” Desa Sekuduk Kec. Sejangkung Tahun 2021
Sabtu, 14 Agustus 2021, Pemerintah Desa bersama BPD Desa Sekuduk melaksanakan musyawarah desa terkait Laporan Pertanggungjawaban Tahunan BUMDESA “Sejahtera Bersama” Desa Sekuduk Kec. Sejangkung Tahun 2021. Musyawarah ini dipimpin langsung...


TINGGALKAN KOMENTAR